Home Matematika Teori Matematika 5 sd Matematika 7 smp About Contact

17 Agustus 2023

Mengenal Macam-Macam Bilangan Dalam Matematika

Materi :

" Teori dasar matematika : Mengenal macam jenis bilangan dalam matematika : bilangan bulat, bilangan asli, bilangan prima, bilangan positif, bilangan negatif, bilangan prima "

Adik-adik yang masih duduk dibangku sekolah, kalian selalu bergelut dengan bidang mata pelajaran yang satu ini, tentuanya pelajaran matematika. Namun tahukah kalian... ada berapa macam jenis bilangan dalam pelajaran matematika?

Di dalam pelajaran matematika kita mengenal berbagai macam jenis bilangan. Ada bilangan asli, bilangan prima, bilangan positif, bilangan negatif dan sebagainya. Nah.. sebelum kalian melangkah ke tutorial pembahasan soal matematika dan penyelesaiannya ada baiknya sobat "belajarmatematika.info" mengingatkan kembali apa yang dimaksud beberapa bilangan yang disebutkan di atas tadi agar nantinya mampu menyelesaikan beberapa pembahasan soal matematika yang ada di halaman blog ini tentunya dengan mengikuti penjelasannya di bawah ini:

BILANGAN BULAT MATEMATIKA

Apa Itu Bilangan Bulat

Jika merujuk kepada KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) bilangan bulat adalah bilangan yang bukan pecahan. Artinya bilangan bulat ini merupakan bilangan utuh yang tak terpecah menjadi beberapa bagian, 1/2 bagian, 1/3bagian, 1/4 bagian ... dst atau -1/2 bagian, -1/3 bagian, -1/4 bagian, .... dst. Lantas bilangan 0 apakah juga termasuk bilangan bulat? Jawabnya adalah ya.. 0 termasuk bilangan bulat karena merupakan angka utuh bukan pecahan. Jadi bilangan bulat dapat disimpulkan bilangan yang bukan pecahan, terdiri dari ( ... -3. -2, -1, 0, 1, 2, 3, ... ). 

Apa Itu Bilangan Asli

Jika merujuk kepada KBBI bilangan asli adalah bilangan yang dihitung dari 1 ke atas (1, 2, 3, ...). Bila dikaitkan dengan bilangan bulat, bilangan asli merupakan bagian dari bilangan bulat. Jadi bilangan asli juga dapat diartikan sebagai himpunan bilangan positif yang dimulai dengan bilangan 1 hingga seterusnya alias (1, 2, 3 ... ).

Apa Itu Bilangan Prima

Jika merujuk kepada KBBI bilangan prima adalah bilangan yang tepat mempunyai dua faktor. Dua faktor itu adalah 1 dan bilangan itu sendiri. Sepintas mungkin kita berpikir bahwa bilangan prima adalah bilangan ganjil. Mari kita buktikan, 

⦁ 1 bilangan faktornya adalah 1 → (hanya satu faktor, tidak termasuk bilangan prima) 
⦁ 2 bilangan faktornya adalah 1 dan 2 → (2 faktor, termasuk bilangan prima)
⦁ 3 bilangan faktornya 1 dan 3 → (2 faktor, termasuk bilangan prima)
⦁ 4 bilangan faktornya 1, 2, 4 → (3 faktor, tidak termasuk bilangan prima), selanjutnya bilangan genap diatas 4 tidak termasuk karena memiliki lebih dari 2 faktor
⦁ 5 bilangan faktornya 1 dan 5 → (2 faktor, termasuk bilangan prima)
⦁ 7 bilangan faktornya 1, dan 7 → (2 faktor, termasuk bilangan prima)
⦁ 9 bilangan faktornya 1, 3 dan 9 → (3 faktor, tidak termasuk bilangan prima)
⦁ 11 bilangan faktornya 1 dan 11 → (2 faktor, termasuk bilangan prima)
⦁ 13 bilangan faktornya 1 dan 13 → (2 faktor, termasuk bilangan prima)
⦁ 15 bilangan faktornya 1, 3, 5, 15 → (4 faktor, tidak termasuk bilangan prima)
⦁ 17 bilangan faktornya 1 dan 17 → (2 faktor, termasuk bilangan prima)
⦁ 19 bilangan faktornya 1 dan 19 → (2 faktor, termasuk bilangan prima)
⦁ 21 bilangan faktornya 1, 3, 7, 21 → (4 faktor, tidak termasuk bilangan prima)
⦁ 23 bilangan faktornya 1 dan 23 → (2 faktor, termasuk bilangan prima)
⦁ Dan seterusnya ...

Jadi bilangan prima adalah :
(2, 3, 5, 7, 11, 13, 17, 19, 23 ...) dan seterusnya selama bilangan tersebut hanya bisa dibagi dengan 1 dan bilangan itu sendiri.

Apa Itu Bilangan Positif

Bilangan positif adalah bilangan yang lebih besar dari 0. Jadi jelas, bilangan positif  adalah bilangan yang dimulai dari 1, (1, 2, 3, 4, 5 ...) dan seterusnya.

Apa Itu Bilangan Negatif

Jika bilangan positif adalah bilangan yang lebih besar dari 0, tapi bilangan negatif adalah kebalikannya.  Yaitu bilangan yang lebih kecil dari 1. Jadi jelas, bilangan negatif adalah bilangan yang dimulai dari -1, (-1, -2, -3, -4, -5, ...) dan seterusnya.

Share :

Tidak ada komentar:

Postingan Populer