Ayo Belajar

Selamat Datang Di Website Belajar Matematika Merupakan Kumpulan Materi Matematika SD, Materi Matematika SMP, Materi Matematika SMA/SMK, Contoh Soal dan Pembahasan

Materi Matematika SMP Kelas VII Pecahan

Selamat datang Teman Teman Di Tempat Belajar Matematika Oline, Disini kalian akan menemukan berbagai solusi dari pelajaran matematika yang kalian butuhkan, Didalam sini merupakan referensi belajar anda bukan berarti sebagai patokan belajar. Materi yang Tersedia disini Diantaranya Materi Matematika Sd, SMP, SMA, SMK, Contoh Soal dan Pembahasan, Matematika Dasar, Matematika SMP,matematika aljabar,Matematika Akutansi, Matematika Ekonomi,matematika anak usia dini, Matematika Diskrit, Dan pada kesempatan kali ini Materi matematika yang kami bagikan kali ini yaitu Materi Matematika SMP Kelas VII Pecahan, Tetap semangat belajar matematika Karena Matematika itu Mudah Berikut Materi Matematika SMP Kelas VII Pecahan Selengkapnya.

lihat juga


Materi Matematika SMP Kelas VII Pecahan

Pada materi sebelumnya, sudah dibahas mengenai materi matematika SMP kelas VII mengenai pecahan, yaitu, pengertian pecahan, Pecahan senilai, dan Menyederhanakan Pecahan. Pada kesempatan kali ini akan dibahas lanjutan materinya, Mari kita simak bersama,



Perhatikan gambar berikut :

pecahan a dan b

Pada gambar tersebut, dapat terlihat pada (a) daerah yang diarsir adalah \frac{1}{3} bagian, sedangkan pada (b) daerah yang diarsir adalah \frac{2}{3} bagian. Tampak bahwa luas arsiran pada gambar (b) lebih besar dari luas arsiran pada gambar (a), atau dapat dituliskan \frac{1}{3} < \frac{2}{3} atau \frac{2}{3} > \frac{1}{3}.

Dari uraian di atas dapat dikatakan bahwa untuk menyatakan hubungan dua pecahan, bandingkan pembilangnya, jika penyebut kedua pecahan sama. Adapun jika penyebut kedua pecahan berbeda, untuk membandingkan pecahan tersebut, samakan terlebih dahulu penyebut kedua pecahan (dengan menentukan KPK dari penyebut kedua pecahan), kemudian bandingkan pembilangnya.

Contoh :

Berilah tanda > atau < untuk setiap pernyataan berikut, sehingga menjadi pernyataan yang benar. a. \frac{3}{4} ….. \frac{2}{3}

b. \frac{5}{9} ….. \frac{3}{5}

Jawab :

a. \frac{3}{4} dan \frac{2}{3}, samakan penyebutnya sehingga ;

\frac{4}{12} dan \frac{8}{12}

Jadi, dapat diketahui bahwa;

\frac{4}{12} < \frac{8}{12}

atau

\frac{8}{12} > \frac{4}{12}


b. \frac{5}{9} dan \frac{3}{5}, samakan penyebutnya sehingga ;

\frac{25}{45} dan \frac{27}{45}

Jadi, dapat diketahui bahwa;

\frac{25}{45} < \frac{27}{45}

Atau

\frac{27}{45} > \frac{25}{45}



Menentukan Letak Pecahan Pada Garis Bilangan.
Pada bab sebelumnya kalian telah mempelajari letak bilangan bulat pada garis bilangan. Coba kalian ingat kembali garis bilangan pada bilangan bulat.


garis bilangan

Pada garis bilangan, bilangan pecahan terletak di antara dua bilangan bulat. Sebagai contoh, jika pada garis bilangan di atas, jarak antara dua bilangan bulat yang berdekatan kalian bagi dua maka garis bilangannya menjadi ;

garis bilangan 2


Adapun untuk letak pecahan yang lain, dapat kalian tentukan dengan membagi jarak antara dua bilangan bulat menurut besarnya penyebut.

Pada garis bilangan, pecahan yang lebih besar berada di sebelah kanan, sedangkan pecahan yang lebih kecil berada di sebelah kiri.


Menentukan pecahan yang nilainya di antara dua pecahan.

Untuk menentukan pecahan yang nilainya di antara dua pecahan, langkah-langkahnya sebagai berikut.

a. Samakan penyebut dari kedua pecahan. Kemudian, tentukan nilai pecahan yang terletak di antara kedua pecahan tersebut.

b. Ubahlah lagi penyebutnya, jika belum diperoleh pecahan yang dimaksud. Begitu seterusnya.


Materi Matematika SMP Kelas VII Pecahan
Demikianlah Pembahasan Kita Kali ini Mengenai Materi Matematika SMP Kelas VII Pecahan,Semoga kalian bisa memahami penjelasan materi di atas dengan mudah sehingga kalian tidak akan mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal - soal yang berkaitan dengan materi ini. Selamat belajar!.

artikel ini url permalinknya adalah http://www.belajarmatematika.info/2017/06/materi-matematika-smp-kelas-vii-pecahan.html Beri tahu teman teman kalian tentang artikel ini agar bisa lebih bermanfaat. Terima Kasih Telah Berkunjung dan Tetap Semangat Dalam Belajar
Blogger
Disqus

Tidak ada komentar