Ayo Belajar

Selamat Datang Di Website Belajar Matematika Merupakan Kumpulan Materi Matematika SD, Materi Matematika SMP, Materi Matematika SMA/SMK, Contoh Soal dan Pembahasan

Pendalaman Materi Matematika SMP Ujian Sekolah Bilangan Bulat

Selamat datang Teman Teman Di Tempat Belajar Matematika Oline, Disini kalian akan menemukan berbagai solusi dari pelajaran matematika yang kalian butuhkan, Didalam sini merupakan referensi belajar anda bukan berarti sebagai patokan belajar. Materi yang Tersedia disini Diantaranya Materi Matematika Sd, SMP, SMA, SMK, Contoh Soal dan Pembahasan, Matematika Dasar, Matematika SMP,matematika aljabar,Matematika Akutansi, Matematika Ekonomi,matematika anak usia dini, Matematika Diskrit, Dan pada kesempatan kali ini Materi matematika yang kami bagikan kali ini yaitu Pendalaman Materi Matematika SMP Ujian Sekolah Bilangan Bulat , Tetap semangat belajar matematika Karena Matematika itu Mudah Berikut Pendalaman Materi Matematika SMP Ujian Sekolah Bilangan Bulat Selengkapnya.

lihat juga


Pendalaman Materi Matematika SMP Ujian Sekolah Bilangan Bulat

Pada kesempatan ini admin akan membagikan Pendalaman Materi Matematika SMP Ujian Sekolah Bilangan Bulat. Sebentar lagi akan menghadapi kegiatan Ujian Sekolah, untuk itu kami membagikan sedikit pendalaman materi ini. Tujuan pembelajarannya dengan mempelajari materi ini, peserta didik dapat    menjumlahkan bilangan bulat dengan teliti,  mengurangkan bilangan bulat dengan teliti,   mengalikan bilangan bulat dengan teliti, membagi bilangan bulat dengan teliti,  menemukan sifat operasi penjumlahan  bilangan bulat dan menemukan sifat operasi perkalian bilangan bulat. 


A.   PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT
    
Kalian telah mempelajari beberapa macam bilangan sewaktu di SD, salah satunya adalah bilangan bulat. Bilangan bulat terdiri dari bilangan yang lebih dari nol disebut bilangan positif, sedangkan bilangan yang kurang dari 0 disebut bilangan negatif  dan bilangan nol sendiri.

Kita akan menjumlahkan dua bilangan bulat menggunakan koin bilangan. Terdapat dua macam koin bilangan, yaitu koin positif (   +   ) dan koin negatif (    -  ).
Dalam menggunakan koin bilangan, perlu disepakati aturan penggunaan koin bilangan:
1.   Satu koin positif mewakili bilangan 1 dan satu koin negatif mewakili bilangan -1 (dibaca negatif 1).
2.   Satu pasang koin yang terdiri dari satu koin positif dan satu koin negatif disebut pasangan  koin bernilai 0.
3.   Operasi ”+” berarti menambah koin.
4.   Operasi ”-” berarti mengambil koin.


Cara menggunakan koin bilangan adalah sebagai berikut.
CONTOH
4  +  (-2)  =  ….                       
 Langkah-langkah:
1.   Angka 4 diwakili oleh empat buah koin positif
2.   Operasi “+” berarti menambah koin. Koin apakah yang akan kalian tambahkan?
3.   Tambahkan  duakoin negatif, sesuai dengan bilangan kedua.
4.   Hitung banyak pasangan  koin bernilai nol. Terdapat dua pasang koin bernilai nol, dan tersisa dua koin positif. Banyak koin selain pasangan koin bernilai nol merupakan hasil pen1.    Setelah ditambah pasangan koin bernilai nol, bilangan tersebut tetap bernilai 3.



Pendalaman Materi Matematika SMP Ujian Sekolah Bilangan Bulat
Demikianlah Pembahasan Kita Kali ini Mengenai Pendalaman Materi Matematika SMP Ujian Sekolah Bilangan Bulat ,Semoga kalian bisa memahami penjelasan materi di atas dengan mudah sehingga kalian tidak akan mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal - soal yang berkaitan dengan materi ini. Selamat belajar!.

artikel ini url permalinknya adalah http://www.belajarmatematika.info/2017/03/pendalaman-materi-matematika-smp-ujian.html Beri tahu teman teman kalian tentang artikel ini agar bisa lebih bermanfaat. Terima Kasih Telah Berkunjung dan Tetap Semangat Dalam Belajar
Blogger
Disqus

No comments