Ayo Belajar

Selamat Datang Di Website Belajar Matematika Merupakan Kumpulan Materi Matematika SD, Materi Matematika SMP, Materi Matematika SMA/SMK, Contoh Soal dan Pembahasan

Cara Menghitung Rumus Volume Kubus dan Balok Kelas 5 SD Dilengkapi Pembahasan Contoh Soal

Selamat datang Teman Teman Di Tempat Belajar Matematika Oline, Disini kalian akan menemukan berbagai solusi dari pelajaran matematika yang kalian butuhkan, Didalam sini merupakan referensi belajar anda bukan berarti sebagai patokan belajar. Materi yang Tersedia disini Diantaranya Materi Matematika Sd, SMP, SMA, SMK, Contoh Soal dan Pembahasan, Matematika Dasar, Matematika SMP,matematika aljabar,Matematika Akutansi, Matematika Ekonomi,matematika anak usia dini, Matematika Diskrit, Dan pada kesempatan kali ini Materi matematika yang kami bagikan kali ini yaitu Cara Menghitung Rumus Volume Kubus dan Balok Kelas 5 SD Dilengkapi Pembahasan Contoh Soal, Tetap semangat belajar matematika Karena Matematika itu Mudah Berikut Cara Menghitung Rumus Volume Kubus dan Balok Kelas 5 SD Dilengkapi Pembahasan Contoh Soal Selengkapnya.

lihat juga


Cara Menghitung Rumus Volume Kubus dan Balok Kelas 5 SD Dilengkapi Pembahasan Contoh Soal

Anak - anak ditingkat sekolah dasar, lebih banyak dikenalkan pada matematika dasar sebagai pondasi untuk belajar lebih kompleks dikemudian hari. Dalam materi untuk sekolah dasar tidak lepas dari materi bilangan yaitu bilangan bulat, pecahan, pengukuran baik itu dalam bentuk penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.

Dalam artikel kali ini, akan menjelaskan materi tentang pengukuran yaitu cara menghitung rumus volume kubus dan balok. Setelah mempelajari rumus, kalian bisa memahami contoh - contoh soal dan pembahasan yang diberikan. Untuk lebih jelasnya, perhatikan baik - baik penjelasan materi di bawah ini.

Rumus Cara Mencari Volume Kubus dan Balok
Rumus Volume Kubus

Kalian sudah mengetahui pengertian dari kubus, yaitu bangun ruang tiga dimensi yang dibatasi oleh enam bidang sisi yang kongruen berbentuk bujur sangkar. Kubus memiliki 6 sisi, 12 rusuk, dan 8 titik sudut. Setiap sisi atau rusuk kubus memiliki ukuran yang sama panjang sehingga di dalam rumus volume kubus tidak ada istilah panjang, lebar, ataupun tinggi tetapi hanya menggunakan istilah rusuk atau sisi (s).
Perhatikan baik - baik contoh berikut ini :
Rumus Volume Kubus
Rumus Volume kubus = rusuk x rusuk x rusuk
                                  V  = S x S x S
                                      = S3

Contoh Soal :
Diketahui panjang salah satu sisi kubus adalah 7cm. Maka berapakah volume kubus tersebut ?

Penyelesaian :
V = sisi x sisi x sisi
 V = 7 cm x 7 cm x 7 cm
    = 343 cm3
Jadi, volume kubus tersebut adalah 343 cm3

Rumus Volume Balok

Balok merupakan bangun ruang tiga dimensi yang dibentuk oleh tiga pasang persegi atau persegi panjang dengan paling tidak satu pasang diantaranya memiliki ukuran yang berbeda. Balok memiliki 6 sisi, 12 rusuk, dan 8 titik sudut. Bentuk balok hampir menyerupai dengan bentuk kubus namun rusuk - rusuk pada balok memiliki ukuran yang berbeda sehingga, rumus pada balok menggunakan istilah panjang, lebar, dan tinggi.
Perhatikan contoh berikut ini :
Rumus Volume Balok
Volume sebuah balok bisa diketahui dengan cara menghitung luas alas balok tersebut kemudian dikalikan dengan tingginya. Karena bentuk alas dari sebuah balok adalah persegi panjang, sehingga untuk mencari luas alasnya digunakan rumus :

Luas Alas Balok = Panjang x Lebar
         = p x l
Kemudian rumus volume pada balok yaitu :

Volume balok = Luas Alas x Tinggi
                                    = Panjang x Lebar x Tinggi
       = p x l x t

Untuk memahami rumus balok di atas, perhatikan contoh soal berikut ini :

Contoh soal :
Sebuah balok memiliki ukuran panjang 20 cm, lebar 45 cm, dan tinggi 32 cm. Berapakah volume dari balok tersebut ?

Penyelesaian :
Volume balok = p x l x t
                      V = 20 cm x 45 cm x 32 cm
                          = 28.800 cm3
Jadi, Volume balok tersebut adalah 28.800 cm3

Contoh Soal dan Pembahasan Tentang Volume Kubus dan Balok

Contoh soal :
Sebuah balok yang di atasnya terletak sebuah kubus. Balok tersebut memiliki ukuran panjang 18 cm, lebar 5 cm, dan tinggi 6 cm. Hitunglah volume balok dan juga kubus yang ada di atas balok tersebut !

Contoh Soal dan Pembahasan Tentang Volume Kubus dan Balok

Penyelesaian :
Langkah pertama kita harus mencari volume balok terlebih dahulu.
Rumus volume balok => V = p x l x t
                                              = 18 cm x 5 cm x 6 cm
                                              = 540 cm3

Kemudian langkah selanjutnya menghitung volume kubus. Dengan melihat posisi gambar kubus di atas, panjang sisinya sama dengan lebar balok. Maka panjang sisi kubus tersebut adalah 5 cm.
Dengan rumus volume kubus => V = s x s x s
                                                             = 5 cm x 5 cm x 5 cm
                                                             = 125 cm3
Jadi, volume keseluruhan dari bangun ruang kubus dan balok tersebut adalah : 540 cm3+ 125 cm3 = 665 cm3



Cara Menghitung Rumus Volume Kubus dan Balok Kelas 5 SD Dilengkapi Pembahasan Contoh Soal
Demikianlah Pembahasan Kita Kali ini Mengenai Cara Menghitung Rumus Volume Kubus dan Balok Kelas 5 SD Dilengkapi Pembahasan Contoh Soal,Semoga kalian bisa memahami penjelasan materi di atas dengan mudah sehingga kalian tidak akan mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal - soal yang berkaitan dengan materi ini. Selamat belajar!.

artikel ini url permalinknya adalah http://www.belajarmatematika.info/2016/06/cara-menghitung-rumus-volume-kubus-dan.html Beri tahu teman teman kalian tentang artikel ini agar bisa lebih bermanfaat. Terima Kasih Telah Berkunjung dan Tetap Semangat Dalam Belajar
Blogger
Disqus

No comments