Ayo Belajar

Selamat Datang Di Website Belajar Matematika Merupakan Kumpulan Materi Matematika SD, Materi Matematika SMP, Materi Matematika SMA/SMK, Contoh Soal dan Pembahasan

Ini Dia 8 Tokoh Yang Ikut Berkontribusi Dalam Dunia Matematika

Selamat datang Teman Teman Di Tempat Belajar Matematika Oline, Disini kalian akan menemukan berbagai solusi dari pelajaran matematika yang kalian butuhkan, Didalam sini merupakan referensi belajar anda bukan berarti sebagai patokan belajar. Materi yang Tersedia disini Diantaranya Materi Matematika Sd, SMP, SMA, SMK, Contoh Soal dan Pembahasan, Matematika Dasar, Matematika SMP,matematika aljabar,Matematika Akutansi, Matematika Ekonomi,matematika anak usia dini, Matematika Diskrit, Dan pada kesempatan kali ini Materi matematika yang kami bagikan kali ini yaitu Ini Dia 8 Tokoh Yang Ikut Berkontribusi Dalam Dunia Matematika, Tetap semangat belajar matematika Karena Matematika itu Mudah Berikut Ini Dia 8 Tokoh Yang Ikut Berkontribusi Dalam Dunia Matematika Selengkapnya.

lihat juga


Ini Dia 8 Tokoh Yang Ikut Berkontribusi Dalam Dunia Matematika


Berikut ini akan saya sajikan delapan tokoh yang sangat berpengaruh dalam dunia sains terlebih khususnya dibidang matematika.

Abu Abdullah Muhammad Ibn Musa al-Khwarizmi

Mathematics
Dalam literatur Barat ia lebih dikenal dengan sebutan Algorism. Panggilan inilah yang kemudian dipakai untuk menyebut konsep algoritma yang ditemukannya.

Abu Abdullah Muhammad Ibn al-Khwarizmi lahir di Khwarizm (Kheva), kota di selatan sungai Oxus (sekarang Uzbekistan) tahun 770 masehi. Kedua orang tuanya kemudian pindah ke sebuah tempat di sebuah tempat di selatan kota Baghdad (Irak), ketika ia masih kecil.

Khwarizm dikenal sebagai orang yang memperkenalkankonsep algoritma dalam matematika, konsep yang diambil dari nama belakangnya. al-Khwarizmi juga adalah penemu dari beberapa cabang ilmu matematika yang dikenal sebagai astronom dan geografer. Ia adalah salah satu ilmuwan matematika terbesat yang pernah ada, dan tulisan-tulisannya sangat berpengaruh pada zamannya. Teori aljabar juga adalah penemuan dan buah pikiran al-Khwarizmi.

Dalam bukunya al-Khwarizmi memperkenalkan kepada dunia ilmu pengetahuan angka 0 (nol) yang dalam bahasa Arab disebut sifr. Sebelum al-Khwarizmi memperkenalkan angka nol, para ilmuan mempergunakan abakus semacam daftar yang menunjukkan satuan, puluhan, ribuan dan seterusnya untuk menjaga agar setiap angka tidak saling tertukar dari tempat yang telah ditentukan dalam hitungan.

Thales (624-550 SM)

Mathematics
Thales disebut matematikawan pertama yang merumuskan teorema atau proposisi, dimana tradisi ini menjadi lebih jelas setelah dijabarkan oleh Euclid. Landasan matematika sebagai ilmu terapan rupanya sudah diletakan oleh Thales sebelum muncul Pythagoras yang membuat bilangan.








Pythagoras (582-496 SM)

Mathematics
Pythagoras adalah orang yang pertama kali mencetuskan aksioma-aksioma, postulat yang perlu dijabarkan terlebih dahulu dalam mengembangkan geometri. Pythagoras bukan orang yang menemukan suatu teorema Pythagoras namun dia berhasil membuat pembuktian matematis. Persaudaraan Pythagoras menemukan akar 2 sebagai bilangan irrasional.



Socrates (427-347 SM)

Mathematics
Socrates merupakan seorang filosofi besar dari Yunani. Dia juga menjadi pencipta ajaran serba cita, karena itu filosofinya dinamakan idealisme. Ajarannya lahir karena pergaulannya dengan kaum sofis. Plato merupakan ahli pikir pertama yang menerima paham adanya alam bukan benda.







Euclides (325-265 SM)

Mathematics
Euclides disebut "Bapak Geometri" karena menemukan teori bilangan dan geometri. Subjek-subjek yang dibahas adalah bentuk-bentuk, teorema Pythagoras, persamaan dalam aljabar, lingkaran, tangen, geometri ruang, teori proporsi dan lain-lain. Alat-alat temuan Euclides antara lain mistar dan jangka.







Archimedes (287-212 SM)

Mathematics
Archimedes mengaplikasikan prinsip fisika dan matematika. Dan juga menemukan perhitungan pi dalam menghitung luas lingkaran. Ia adalah ahli matematika terbesar sepanjang zaman dan di zaman kuno. Tiga karya Archimedes membahas geometri bidang datar, yaitu pengukuran lingkaran, kuadratur dari parabola dan spiral.








Appolonius (262-190 SM)

Mathematics
Konsepnya mengenai parabola, hiperbola, dan elips banyak memberi sumbangan bagi astronomi modern. Ia merupakan seorang matematikawan yang ahli dalam geometri. Teorema Appolonius menghubungkan beberapa unsur dalam segitiga.








Diophantus (250-200 SM)
Mathematics

Ia merupakan "Bapak Aljabar" bagi Babilonia yang mengembangkan konsep-konsep aljabar Babilonia. Seorang matematikawan Yunani yang bermukim di Iskandaria. Karya besar Diophsntus berupa buku aritmatika, buku karangan pertama tentang sistem aljabar. Bagian yang terpelihara dari aritmatika Diophantus berisi pemecahan kira-kira 130 soal yang menghasilkan persamaan-persamaan tingkat pertama.






Ini Dia 8 Tokoh Yang Ikut Berkontribusi Dalam Dunia Matematika
Demikianlah Pembahasan Kita Kali ini Mengenai Ini Dia 8 Tokoh Yang Ikut Berkontribusi Dalam Dunia Matematika,Semoga kalian bisa memahami penjelasan materi di atas dengan mudah sehingga kalian tidak akan mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal - soal yang berkaitan dengan materi ini. Selamat belajar!.

artikel ini url permalinknya adalah http://www.belajarmatematika.info/2016/04/ini-dia-8-tokoh-yang-ikut-berkontribusi.html Beri tahu teman teman kalian tentang artikel ini agar bisa lebih bermanfaat. Terima Kasih Telah Berkunjung dan Tetap Semangat Dalam Belajar
Blogger
Disqus

No comments