Ayo Belajar

Selamat Datang Di Website Belajar Matematika Merupakan Kumpulan Materi Matematika SD, Materi Matematika SMP, Materi Matematika SMA/SMK, Contoh Soal dan Pembahasan

Cara Mengubah Pecahan Ke Dalam Bentuk Persen Beserta Contohnya

Selamat datang Teman Teman Di Tempat Belajar Matematika Oline, Disini kalian akan menemukan berbagai solusi dari pelajaran matematika yang kalian butuhkan, Didalam sini merupakan referensi belajar anda bukan berarti sebagai patokan belajar. Materi yang Tersedia disini Diantaranya Materi Matematika Sd, SMP, SMA, SMK, Contoh Soal dan Pembahasan, Matematika Dasar, Matematika SMP,matematika aljabar,Matematika Akutansi, Matematika Ekonomi,matematika anak usia dini, Matematika Diskrit, Dan pada kesempatan kali ini Materi matematika yang kami bagikan kali ini yaitu Cara Mengubah Pecahan Ke Dalam Bentuk Persen Beserta Contohnya, Tetap semangat belajar matematika Karena Matematika itu Mudah Berikut Cara Mengubah Pecahan Ke Dalam Bentuk Persen Beserta Contohnya Selengkapnya.

lihat juga


Cara Mengubah Pecahan Ke Dalam Bentuk Persen Beserta Contohnya

Pecahan biasanya di lambangkan dalam bentuk a/b dimana posisi a sebagai pembilang dan b sebagai penyebut, sedangkan persen sendiri dapat dikatakan perseratus yang biasa di tulis dengan bentuk persen (%).
Persen atau Per seratus

Cara mengubah pecahan kedalam bentuk persen kita harus mengubah pecahan menjadi pecahan senilai dengan penyebut seratus, untuk lebih memahami cara mengubah pecahan ke dalam bentuk persen perhatikan contoh soal berikut :
Contoh :
Ubahlah bilangan - bilangan di bawah ini ke bentuk persen:
a. 6/25
b. 1 ½
c. 0,48
Penyelesaiaan:
a. 6/25 (pecahan biasa)
harus diubah dulu menjadi bilangan senilai penyebut 100
untuk mengubah pembilangnya menjadi 100 maka 25 harus dikalikan dengan 4 begitu juga dengan 6 harus dikalikan dengan 4, hasil akhirnya :
6/25 = (6x4)  (25x4)
        = 24/100
Jadi 6/25 = 24%

b. 1 ½
untuk pecahan campuran, terlebih dahulu kita mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa,
1 ½  = (2x1+1) /2
        = 3/2
Setelah itu baru kita ubah menjadi persen
3/2 = (3x50) (2x50)
      = 150/100
jadi, 1 ½ adalah 150%

c. 0,48
Untuk bentuk desimal, langkah yang dilakukan yaitu mengubah desimal ke dalam bentuk pecahan kemudian mengubah pecahan dengan penyebut 100 dan terakhir mengubah ke dalam bentuk persen,
0,48 = 0 + 40/10 + 8/100
        = 0 + 40/100 + 8/100
        = 48/100
        = 48 %
jadi, 0,48 sama saja dengan 48 %

Berikut cara mengubah bilangan desimal ke dalam bentuk pecahan biasa dan pecahan biasa menjadi bentuk desimal
1. Bilangan desimal ke dalam benuk pecahan
Langkah awal kita harus memperhatikan jumlah angka di belakang koma, apabila angka di belakang koma satu, berarti letakkan angka tersebut menjadi pembilang kemudian untuk penyebutnya gunakan angka 10.
Contoh :
0,8 = 8/10

Jika angka di belakang koma berjumlah 2, maka angka tersebut dijadikan pembilang kemudian untuk penyebutnya gunakan angka 100.
Contoh :
0,48 = 48/100
akan tetapi jika dua angka di belakang koma diawali dengan nol (0), maka cukup gunakan angka yang paling belakang sebagai pembilang dan angka 100 sebagai penyebut.
Contoh :
0,07 = 7/100
Jadi, konsep mudahnya cara untuk mengubah bilangan desimal menjadi pecahan yaitu dengan memperhatikan jumlah angka di belakang koma,
1 angka => per sepuluh (1/10)
2 angka => per seraus (1/100)
3 angka => per seribu (1/1000), dan seterusnya.

2. Bilangan pecahan menjadi bentuk desimal
untuk mengubah pecahan biasa menjadi desimal yaitu dengan membagi pembilang dengan penyebut.
Contoh :
1/4 = 1 : 4 = 0,25
Pecahan menjadi desimal



Cara Mengubah Pecahan Ke Dalam Bentuk Persen Beserta Contohnya
Demikianlah Pembahasan Kita Kali ini Mengenai Cara Mengubah Pecahan Ke Dalam Bentuk Persen Beserta Contohnya,Semoga kalian bisa memahami penjelasan materi di atas dengan mudah sehingga kalian tidak akan mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal - soal yang berkaitan dengan materi ini. Selamat belajar!.

artikel ini url permalinknya adalah http://www.belajarmatematika.info/2016/04/cara-mengubah-pecahan-ke-dalam-bentuk.html Beri tahu teman teman kalian tentang artikel ini agar bisa lebih bermanfaat. Terima Kasih Telah Berkunjung dan Tetap Semangat Dalam Belajar
Blogger
Disqus

Tidak ada komentar