Ayo Belajar

Selamat Datang Di Website Belajar Matematika Merupakan Kumpulan Materi Matematika SD, Materi Matematika SMP, Materi Matematika SMA/SMK, Contoh Soal dan Pembahasan

Cara Mengubah Bilangan Pecahan Biasa Menjadi Bilangan Pecahan Campuran

Selamat datang Teman Teman Di Tempat Belajar Matematika Oline, Disini kalian akan menemukan berbagai solusi dari pelajaran matematika yang kalian butuhkan, Didalam sini merupakan referensi belajar anda bukan berarti sebagai patokan belajar. Materi yang Tersedia disini Diantaranya Materi Matematika Sd, SMP, SMA, SMK, Contoh Soal dan Pembahasan, Matematika Dasar, Matematika SMP,matematika aljabar,Matematika Akutansi, Matematika Ekonomi,matematika anak usia dini, Matematika Diskrit, Dan pada kesempatan kali ini Materi matematika yang kami bagikan kali ini yaitu Cara Mengubah Bilangan Pecahan Biasa Menjadi Bilangan Pecahan Campuran, Tetap semangat belajar matematika Karena Matematika itu Mudah Berikut Cara Mengubah Bilangan Pecahan Biasa Menjadi Bilangan Pecahan Campuran Selengkapnya.

lihat juga


Cara Mengubah Bilangan Pecahan Biasa Menjadi Bilangan Pecahan Campuran

Pecahan biasa merupakan bentuk pecahan murni atau bilangan yang lebih kecil dari angka satu, sedangkan pecahan campuran merupakan gabungan dari bilangan bulat dan bilangan pecahan.
Jadi untuk mengubah pecahan biasa ke bentuk pecahan campuran kita harus melalui beberapa tahap. Yang perlu diketahui dalam mengubah pecahan biasa menjadi pecahan campuran hanya bisa di lakukan ketika suatu pecahan biasa pembilangnya lebih besar dari penyebutnya, karna jika penyebutnya lebih besar maka pecahan tersebut tidak dapat di ubah ke dalam bentuk campuran.
Untuk lebih jelasnya perhatikan pembahasan soal di bawah ini,
Contoh :
Ubahlah bilangan bilangan berikut ke dalam bentuk pecahan campuran :
a. 17 /3
b. 34/5
Penyelesaian :
a. Untuk mengubah pecahan biasa menjadi pecahan campuran kita bisa mengerjakannya melalui dua cara,

cara yang pertama:
Kalian harus mencari kelipatan dari bilangan penyebut yang mendekati pembilang dan tidak boleh lebih dari jumlah pembilang.
17 /3 = ?
kelipatan angka 3 (penyebut) yang mendekati 17 dan tidak boleh lebih dari 17 yaitu 15, maka :
17/3 = 15/3 + 2/3 (angka 2 diperoleh dari sisa pembilang dikurang kelipatan penyebut)
17/3 = 5 + 2/3 (angka 5 diperoleh dari hasil kelipatan yang mendekati pembilang dibagi penyebut)
17/3 = 5 2/3
jadi, pecahan campurannya adalah 5 2/3

cara kedua :
cara yang kedua yaitu dengan membagi pembilang dengan penuyebut kemudian mencari sisanya, kemudian sisa pembagian tersebut dituliskan dalam bentuk pecahan dengan penyebut yang sama, kemudian sisanya kita tulis ke dalam bentuk pecahan.
17/3 = 5 + 2/3
        = 5 2/3
Jadi pecahan campurannya adalah 5 2/3

Cara Mudah Mengubah Pecahan Campuran Menjadi Pecahan Biasa
Untuk mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa caranya lebih mudah karena kita cukup mengalikan bilangan bulat yang ada dengan penyebut kemudian ditambah dengan pembilang.
Rumus :
Rumus Pecahan Campuran Menjadi Pecahan Biasa
Contoh penggunaan rumus diatas :
Penggunaan Rumus




Cara Mengubah Bilangan Pecahan Biasa Menjadi Bilangan Pecahan Campuran
Demikianlah Pembahasan Kita Kali ini Mengenai Cara Mengubah Bilangan Pecahan Biasa Menjadi Bilangan Pecahan Campuran,Semoga kalian bisa memahami penjelasan materi di atas dengan mudah sehingga kalian tidak akan mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal - soal yang berkaitan dengan materi ini. Selamat belajar!.

artikel ini url permalinknya adalah http://www.belajarmatematika.info/2016/04/cara-mengubah-bilangan-pecahan-biasa.html Beri tahu teman teman kalian tentang artikel ini agar bisa lebih bermanfaat. Terima Kasih Telah Berkunjung dan Tetap Semangat Dalam Belajar
Blogger
Disqus

Tidak ada komentar