Ayo Belajar

Selamat Datang Di Website Belajar Matematika Merupakan Kumpulan Materi Matematika SD, Materi Matematika SMP, Materi Matematika SMA/SMK, Contoh Soal dan Pembahasan

Penjelasan Pengertian Datum, Data dan Statistika dalam Matematika

Selamat datang Teman Teman Di Tempat Belajar Matematika Oline, Disini kalian akan menemukan berbagai solusi dari pelajaran matematika yang kalian butuhkan, Didalam sini merupakan referensi belajar anda bukan berarti sebagai patokan belajar. Materi yang Tersedia disini Diantaranya Materi Matematika Sd, SMP, SMA, SMK, Contoh Soal dan Pembahasan, Matematika Dasar, Matematika SMP,matematika aljabar,Matematika Akutansi, Matematika Ekonomi,matematika anak usia dini, Matematika Diskrit, Dan pada kesempatan kali ini Materi matematika yang kami bagikan kali ini yaitu Penjelasan Pengertian Datum, Data dan Statistika dalam Matematika, Tetap semangat belajar matematika Karena Matematika itu Mudah Berikut Penjelasan Pengertian Datum, Data dan Statistika dalam Matematika Selengkapnya.

lihat juga


Penjelasan Pengertian Datum, Data dan Statistika dalam Matematika

Pengertian Datum, Data dan Statistika - Istilah datum dalam matematika dapat diartikan sebagai suatu catatan yang berisi keterangan atau informasi yang didapatkan setelah melakukan sebuah penelitian. Di dalam matematika bentuk datum dapat bermacam-macam. Bisa berbentuk lambing, angka, bilangan, keadaan, bahkan sifat dari objek yang diteliti. Kumpulan dari datum-datum disebut sebagai data. Masih bingung? Coba perhatikan penjelasan contoh berikut ini:

Penjelasan Pengertian Datum, Data dan Statistika dalam Matematika

Pak Darto ingin mengukur berat badan dari 4 orang siswanya. Setelah dilakukan penimbangan, didapatkan hasil berat badan siswa yaitu Dara dengan berat badan 55 kg, Ilham dengan berat badan 90 kg, Bejo dengan berat badan 60 kg, dan Putri dengan berat badan 50 kg.

Berdasarkan pada contoh di atas, berat badan siswa (contohnya: 90 kg) merupakan datum. Sementara hasil pengukuran keseluruhan dari 4 siswa tersebut adalah data. Jumlah datum dari contoh di atas adalah 4 (55, 90, 60, 50). 

Penjelasan Pengertian Datum, Data dan Statistika dalam Matematika

Datum

Datum dibedakan ke dalam dua bentuk, yaitu datum berbentuk bilangan dan datum berbentuk kategori. 

Contoh dari datum berbentuk bilangan adalah berat badan siswa, tinggi siswa, nilai matematika siswa, jarak tempuh sebuah mobil, dsb. 

Sementara contoh dari datum berbentuk kategori berkaitan dengan sifat seperti baik dan buruk, tinggi dan rendah, dsb.

Data

Data juga dibedakan menjadi dua kategori yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Data Kuantitatif adalah data yang disajikan dalam bentuk bilangan atau angka dan nilai bisa berubah-ubah nilainya. Data kuantitatif diperoleh dari hasil sebuah pengukuran dengan menggunakan alat ukur misalnya tinggi badan atau berat badan.

Sedangkan Data Kualitatif adalah data yang menjelaskan keadaan yang menggambarkan suatu objek. misalnya selain tampan, Gilang juga pandai bermain bulu tangkis. data kualitatif biasa diperoleh dari penangkapan panca indra yang kita miliki.

Statistika

Dari penjelasan mengenai datum dan data di atas, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa Statistika adalah sebuah bidang ilmu yang di dalamnya mempelajari materi yang berkaitan dengan pengumpulan, perhitungan dan pengolahan serta penarikan kesimpulan dari data yang diperoleh dari sebuah penelitian.



Penjelasan Pengertian Datum, Data dan Statistika dalam Matematika
Demikianlah Pembahasan Kita Kali ini Mengenai Penjelasan Pengertian Datum, Data dan Statistika dalam Matematika,Semoga kalian bisa memahami penjelasan materi di atas dengan mudah sehingga kalian tidak akan mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal - soal yang berkaitan dengan materi ini. Selamat belajar!.

artikel ini url permalinknya adalah http://www.belajarmatematika.info/2015/03/penjelasan-pengertian-datum-data-dan.html Beri tahu teman teman kalian tentang artikel ini agar bisa lebih bermanfaat. Terima Kasih Telah Berkunjung dan Tetap Semangat Dalam Belajar
Blogger
Disqus

No comments