Ayo Belajar

Selamat Datang Di Website Belajar Matematika Merupakan Kumpulan Materi Matematika SD, Materi Matematika SMP, Materi Matematika SMA/SMK, Contoh Soal dan Pembahasan

Contoh Soal Penerapan Operasi Hitung Bilangan Bulat SMP kelas 7 Semester 1

Selamat datang Teman Teman Di Tempat Belajar Matematika Oline, Disini kalian akan menemukan berbagai solusi dari pelajaran matematika yang kalian butuhkan, Didalam sini merupakan referensi belajar anda bukan berarti sebagai patokan belajar. Materi yang Tersedia disini Diantaranya Materi Matematika Sd, SMP, SMA, SMK, Contoh Soal dan Pembahasan, Matematika Dasar, Matematika SMP,matematika aljabar,Matematika Akutansi, Matematika Ekonomi,matematika anak usia dini, Matematika Diskrit, Dan pada kesempatan kali ini Materi matematika yang kami bagikan kali ini yaitu Contoh Soal Penerapan Operasi Hitung Bilangan Bulat SMP kelas 7 Semester 1, Tetap semangat belajar matematika Karena Matematika itu Mudah Berikut Contoh Soal Penerapan Operasi Hitung Bilangan Bulat SMP kelas 7 Semester 1 Selengkapnya.

lihat juga


Contoh Soal Penerapan Operasi Hitung Bilangan Bulat SMP kelas 7 Semester 1

Contoh Soal Penerapan Operasi Hitung Bilangan Bulat - di dalam beberapa artikel sebelumnya  telah menjabarkan kepada kalian mengenai Operasi Hitung Campuran di dalam matematika untuk melengkapi materi tersebut di sini diberikan beberapa contoh soal tambahan yang masih berkaitan dengan operasi hitung bilangan agar kalian bisa mengetahui lebih dalam mengenai cara penerapan operasi hitung tersebut guna menyelesaikan persoalan-persoalan matematika. mari simak saa langsung contoh soal dan penjelasan mengenai operasi hitung matematika berikut ini:

Contoh Soal Penerapan Operasi Hitung Bilangan Bulat SMP kelas 7 Semester 1

Contoh Soal dan Pembahasan Penerapan Operasi Hitung Bilangan Bulat


Contoh Soal 1
Sebuah gedung bertingkat terdiri atas 40 lantai dengan 4 lantai yang berada di bawah tanah. Seorang pria awalnya berada di lantai 5, karena ada barang yang tertinggal maka ia turun 3 lantai. Kemudian ia naik lagi 8 lantai untuk menemui temannya. Maka, ada di lantai berapakah pria tersebut sekarang?

Pembahasan:
Kita gunakan pengandaian bila pria tersebut naik kita gunakan tanda plus (+) dan bila pria tersebut turun kita gunakan minus (-), maka operasi hitungnya menjadi:

5 + (-3) + 8 = 10

Maka dapat disimpulkan bahwa pria tersebut saat ini berada di lantai 10.


Contoh Soal 2
Di dalam ujian masuk perguruan tinggi, penilaian yang digunakan adalah:

Jika jawaban benar maka nilainya adalah 4
Jika jawaban salah maka nilainya adalah -1
Soal yang tidak dijawab nilainya adalah 0

Dari 100 soal yang diberikan pada saat ujian, Mahmud hanya mampu menjawab 80 soal saja, setelah diperiksa hanya ada 65 jawaban yang benar. Maka berapakah nilai yang diperoleh Mahmud?

Pembahasan:
Pertama tentukan terlebih dahulu berapa jumlah soal yang benar dan berapa jumlah soal yang salah:

Soal yang dijawab = 80 soal
Soal benar = 65
Soal salah = 80 - 65 = 15 soal
Soal yang tidak dijawab = 100 - 80 = 20

Maka nilai yang didapat Mahmud adalah:

Soal benar = 65 x 4 =
Soal salah = 15 x (-1) = -15
Soal tidak dijawab = 20 x 0 = 0

260 + (-15) + 0 = 245

Maka nilai yang diperoleh Mahmud di dalam ujian tersebut adalah 245.


Contoh Soal 3
Selama 8 hari, koperasi Mulia Jaya membagikan 4kg beras kepada setiap kepala keluarga korban banjir di desa Suka Menanti. Jumlah korban yang akan diberikan bantuan ada 112 kepala keluarga. Maka, berapakah jumlah beras yang telah dibagikan oleh koperasi tersebut?

Pembahasan:
Diketahui jumlah harinya adalah 8, banyaknya beras adalah 4kg dan jumlah kepala keluarga ada 112. Maka banyak beras yang dibagikan adalah:

8 x 4 x 112 = 3584

Jadi beras yang sudah dibagikan oleh koperasi Mulia Jaya selama 8 hari adalah 3584 kilogram


Contoh Soal 4
Pak Karim memiliki 160 buah kelereng, kemudian ia membagikan kelereng tersebut kepada 4 orang anaknya. Setelah itu, masing-masing anak pak karim membeli kelereng lagi sebanyak 40 butir. Maka berapakah jumlah kelereng yang dimiliki oleh masing-masing anak pak Karim?

Pembahasan:
Jumlah kelereng pak Karim = 160
Dibagikan kepada 4 orang anaknya, maka masing2 anak memperoleh: 160 : 4 = 40
Setiap anak membeli kelereng lagi sebanyak 40 butir, maka jumlah kelereng yang dimiliki masing-masing anak adalah:
40 + 40 = 80 butir kelereng.

Operasi hitungnya adalah: 160 : 40 + 40 = 80



Contoh Soal Penerapan Operasi Hitung Bilangan Bulat SMP kelas 7 Semester 1
Demikianlah Pembahasan Kita Kali ini Mengenai Contoh Soal Penerapan Operasi Hitung Bilangan Bulat SMP kelas 7 Semester 1,Semoga kalian bisa memahami penjelasan materi di atas dengan mudah sehingga kalian tidak akan mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal - soal yang berkaitan dengan materi ini. Selamat belajar!.

artikel ini url permalinknya adalah http://www.belajarmatematika.info/2015/03/contoh-soal-penerapan-operasi-hitung.html Beri tahu teman teman kalian tentang artikel ini agar bisa lebih bermanfaat. Terima Kasih Telah Berkunjung dan Tetap Semangat Dalam Belajar
Blogger
Disqus

No comments