Ayo Belajar

Selamat Datang Di Website Belajar Matematika Merupakan Kumpulan Materi Matematika SD, Materi Matematika SMP, Materi Matematika SMA/SMK, Contoh Soal dan Pembahasan

Menghitung Luas Permukaan Tabung dengan Google

Selamat datang Teman Teman Di Tempat Belajar Matematika Oline, Disini kalian akan menemukan berbagai solusi dari pelajaran matematika yang kalian butuhkan, Didalam sini merupakan referensi belajar anda bukan berarti sebagai patokan belajar. Materi yang Tersedia disini Diantaranya Materi Matematika Sd, SMP, SMA, SMK, Contoh Soal dan Pembahasan, Matematika Dasar, Matematika SMP,matematika aljabar,Matematika Akutansi, Matematika Ekonomi,matematika anak usia dini, Matematika Diskrit, Dan pada kesempatan kali ini Materi matematika yang kami bagikan kali ini yaitu Menghitung Luas Permukaan Tabung dengan Google, Tetap semangat belajar matematika Karena Matematika itu Mudah Berikut Menghitung Luas Permukaan Tabung dengan Google Selengkapnya.

lihat juga


Menghitung Luas Permukaan Tabung dengan Google

Kali ini Rumus Matematika akan mengulas kembali cara menghitung luas permukaan tabung dimana kita mencoba dengan menggunakan alat bantu kalkulator algoritma Mbah Google. Namun kita harus mengetahui terlebih dahulu apa saja yang termasuk dalam permukaan tabung dan ciri-ciri tabung tersebut.

Ciri - Ciri Tabung
1. Mempunyai 2 rusuk
2. Alas dan tutusnya berupa lingkaran
3. Mempunyai 3 bidang sisi (bidang alas, bidang selimut dan bidang tutup)

Berikut  Gambar bentuk Tabung


Dimana sebuah tabung selalu mempunyai rusuk dan tinggi, namun kita akan mencari luas tabung dengan rumus. 





Dengan Contoh Soal:
Pak Tono adalah seorang pengrajin panci aluminium. Beliau mendapatkan pesanan sebuah panci besar dari pelanggannya.  Bila pelanggan menginginkan panci itu memiliki ukuran diameter 50cm dan tinggi 70 cm. Tentukan  luas bahan yang dibutuhkan untuk membuat panci itu!
 
1. Menyelesaikan dengan menggunakan perhitungan manual


Diketahui:       Diameter (d) = 50 cm,  Jari-Jari (r) = 25 cm
                       Tinggi (t) = 70 cm
ditanyakan:     Luas permukaan panci ?
Jawab:
Luas panci   = 2 x phi x r (r + t)
 = 2 x 3,14 x 25 (25 + 70 )
 =157 x 95
 = 14915 cm2
 

2. Menyelesaikan dengan Menggunakan Kalkulator Google
    

  
Diketahui:       Diameter (d) = 50 cm,  Jari-Jari (r) = 25 cm
                       Tinggi (t) = 70 cm
ditanyakan:     Luas permukaan panci?
                      Sehingga Luas Panci adalah = 2 x 3,14 x 25 (25 + 70)
Angka yang berwarna merah diatas kita copy dan masukkan ke dalam kotak pencarian google seperti:


Kemudian Enter dan Hasilnya adalah: 





Jadi luas bahan yang diperlukan untuk membuat panci itu adalah 14915 cm2


Bagaimana teman-teman, jauh lebih peraktis kan? Itu hanya sekedar untuk mendambah pengetahuan saja, hal yang paling baik adalah menghitungan dengan cara manual agar kita mampu mengerjakan soal-soal dengan cara sendiri tanpa bantuan alat.


Menghitung Luas Permukaan Tabung dengan Google
Demikianlah Pembahasan Kita Kali ini Mengenai Menghitung Luas Permukaan Tabung dengan Google,Semoga kalian bisa memahami penjelasan materi di atas dengan mudah sehingga kalian tidak akan mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal - soal yang berkaitan dengan materi ini. Selamat belajar!.

artikel ini url permalinknya adalah http://www.belajarmatematika.info/2013/03/menghitung-luas-permukaan-tabung-dengan.html Beri tahu teman teman kalian tentang artikel ini agar bisa lebih bermanfaat. Terima Kasih Telah Berkunjung dan Tetap Semangat Dalam Belajar
Blogger
Disqus

No comments