Ayo Belajar

Selamat Datang Di Website Belajar Matematika Merupakan Kumpulan Materi Matematika SD, Materi Matematika SMP, Materi Matematika SMA/SMK, Contoh Soal dan Pembahasan

Belajar Menghitung Prosentase Keuntungan Dagang

Selamat datang Teman Teman Di Tempat Belajar Matematika Oline, Disini kalian akan menemukan berbagai solusi dari pelajaran matematika yang kalian butuhkan, Didalam sini merupakan referensi belajar anda bukan berarti sebagai patokan belajar. Materi yang Tersedia disini Diantaranya Materi Matematika Sd, SMP, SMA, SMK, Contoh Soal dan Pembahasan, Matematika Dasar, Matematika SMP,matematika aljabar,Matematika Akutansi, Matematika Ekonomi,matematika anak usia dini, Matematika Diskrit, Dan pada kesempatan kali ini Materi matematika yang kami bagikan kali ini yaitu Belajar Menghitung Prosentase Keuntungan Dagang, Tetap semangat belajar matematika Karena Matematika itu Mudah Berikut Belajar Menghitung Prosentase Keuntungan Dagang Selengkapnya.

lihat juga


Belajar Menghitung Prosentase Keuntungan Dagang

Sebelum Rumus Matematika Mengucapkan Selamat Tahun Baru 2013 yang esok hari akan berganti tahun, dan kita semua akan meninggalkan tahun 2012. Namun kali ini kita akan belajar menghitung prosentase keuntungan dagang, yang memang artikel ini cukup panjang. Karena ada beberapa contoh untuk melakukan perbandingan tersebut, langsung aja ke contoh saja yah, biar tidak terlalu bertele-tele.


Untung adalah kondisi dimana harga penjualan lebih besar dari pada harga pembelian. Dapat diartikan seperti:

Untung = Harga Penjualan > Harga Pembelian

Sedangkan Rugi adalah kondisi dimana harga penjualan lebih kecil daripada harga pembelian.

Rugi = Harga Penjualan < Harga Pembelian 

Untuk menemukan Jumlah Keuntungan, rumusnya:

Harga Penjualan - Harga Pembelian 

Sedangkan untuk menentukan jumlah kerugian, rumusnya adalah:

Harga Pembelian - Harga Penjualan 

Contoh:

Pak Joni Membeli sebuah sepeda seharga Rp. 90.000,- . Lalu dijualnya lagi dengan harga Rp. 100.000,-. Pertanyaannya:
a. Untung atau Rugi kah Pak Joni?
b. Berapa Besar Keuntungan/Kerugian Pak Joni?

Jawaban:

Karena soal pertama hanya menanyakan Untung atau Rugi kah Pak Joni, dan jika dibaca soalnya adalah Harga Jual lebih besar dari Harga Beli yaitu : Harga Jual > Harga Beli, maka Pak Joni Untung.

Sedangkan untuk pertanyaan kedua, karena Pak Joni untung, jadi rumus yang harus digunakan adalah Harga Penjualan - Harga Pembelian. Sehingga:

Besar Keuntungan = Harga Penjualan - Harga Pembelian

Besar Keuntungan = Rp. 100.000,- - Rp. 90.000,- 

Besar Keuntungan = Rp. 10.000,-

Jadi, Keuntungan Pak Joni sebesar Rp. 10.000,-

Karena kita telah mempelajari keuntungan dan kerugian dari harga penjualan dan pembelian, kali ini kita akan menentukan Prosentase Keuntungan dari Soal diatas, yaitu:

Jawaban:

Pertama kita harus mengetahui besar keuntungan yang didapat yaitu Rp. 10.000,-

Rumus:

Presentasi Untung = Untung : Harga Pembelian x 100 %

Presentasi Untung = 10.000 : 90.000 x 100 %

Presentasi Untung = 0,1 x 100 %

Presentasi Untung = 10 %

Jadi, prosentase keuntungan dari soal diatas adalah 10 %.


Belajar Menghitung Prosentase Keuntungan Dagang
Demikianlah Pembahasan Kita Kali ini Mengenai Belajar Menghitung Prosentase Keuntungan Dagang,Semoga kalian bisa memahami penjelasan materi di atas dengan mudah sehingga kalian tidak akan mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal - soal yang berkaitan dengan materi ini. Selamat belajar!.

artikel ini url permalinknya adalah http://www.belajarmatematika.info/2012/12/belajar-menghitung-prosentase.html Beri tahu teman teman kalian tentang artikel ini agar bisa lebih bermanfaat. Terima Kasih Telah Berkunjung dan Tetap Semangat Dalam Belajar
Blogger
Disqus

No comments