Ayo Belajar

Selamat Datang Di Website Belajar Matematika Merupakan Kumpulan Materi Matematika SD, Materi Matematika SMP, Materi Matematika SMA/SMK, Contoh Soal dan Pembahasan

Memahami Ukuran Perumusan Data

Selamat datang Teman Teman Di Tempat Belajar Matematika Oline, Disini kalian akan menemukan berbagai solusi dari pelajaran matematika yang kalian butuhkan, Didalam sini merupakan referensi belajar anda bukan berarti sebagai patokan belajar. Materi yang Tersedia disini Diantaranya Materi Matematika Sd, SMP, SMA, SMK, Contoh Soal dan Pembahasan, Matematika Dasar, Matematika SMP,matematika aljabar,Matematika Akutansi, Matematika Ekonomi,matematika anak usia dini, Matematika Diskrit, Dan pada kesempatan kali ini Materi matematika yang kami bagikan kali ini yaitu Memahami Ukuran Perumusan Data, Tetap semangat belajar matematika Karena Matematika itu Mudah Berikut Memahami Ukuran Perumusan Data Selengkapnya.

lihat juga


Memahami Ukuran Perumusan Data

Berikut ini kita membahas tentang ukuran perumusan data atau ukuran tendensi tunggal yang mewakili data ada tiga buah yaitu mean, median, dan modus.

1. Mean
Mean adalah rata-rata hitung suatu data. Mean diitung dengan cara membagi jumlah nilai data dengan banyaknya data. Mean atau rata-rata hitung disebut juga rataan atau rata-rata. 
Misalnya X1, X2, X3, ... Xn adalah nilai data-nilai data dari sekumpulan data yang banyaknya n buah, maka rata-ratanya adalah:
Untuk data kelompok, mean dapat dicari dengan:
Contoh:
1. Diberikan nilai ulangan lima orang siswa pada mata pelajaran matematika dan fisika. 
Dari tebal di atas, pelajaran apakah yang lebih dipahami, matematika atau fisika?


Karena rata-rata nilai matematika lebih tinggi dari rata-rata nilai fisika, maka hal ini menunjukkan bahwa siswa lebih memahami mata pelajaran matematika.

2. Diberikan data tinggi bibit pohon adenium
Dari data tinggi bibit pohon adenium tersebut, beberapa rata-rata tinggi bibit tersebut? (dalam cm)
Penyelesaian:
Jadi tinggi rata-rata dari bibit pohon adenium adalah 9,4 cm. 

Latihan:
1. Tentukan jangkauan dan rata-rata data tunggal 4, 6, 2, 7, 11, 3.
2. Jumlah maksimum ekspor kepala sawit suatu negara sebesar 56.000 ton dan jumlah minimumnya 31.550 ton. Berapakah range dari ekspor kelapa sawit tersebut?
3. Tentukan rata-rata hingga dari data:
a. 6, 5, 9, 7, 8, 8, 7, 6
b. 6, 8, 5, 1, 6, 8, 5, 9, 6, 6, 8, 7
4. Setelah dilakukan ujian matematika, diperoleh nilai sebagai berikut.
    7, 8, 9, 6, 8, 6, 9, 7, 8, 9
   10, 5, 7, 9, 8, 6, 6, 8, 9, 7
    7, 6, 9, 8, 7, 6, 8, 9, 6, 8
Jika siswa yang dinyatakan lulus adalah yang mempunyai nilai di atas rata-rata, tentukan jumlah siswa yang tidak lulus. 
5. Rata-rata nilai dari 40 anak adalah 8,6. Jika dua anak keluar dari kelompok tersebut, rata-rata nilai itu menjadi 8,5. Berapakah jumlah nilai kedua anak tersebut?
 


Memahami Ukuran Perumusan Data
Demikianlah Pembahasan Kita Kali ini Mengenai Memahami Ukuran Perumusan Data,Semoga kalian bisa memahami penjelasan materi di atas dengan mudah sehingga kalian tidak akan mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal - soal yang berkaitan dengan materi ini. Selamat belajar!.

artikel ini url permalinknya adalah http://www.belajarmatematika.info/2012/11/memahami-ukuran-perumusan-data.html Beri tahu teman teman kalian tentang artikel ini agar bisa lebih bermanfaat. Terima Kasih Telah Berkunjung dan Tetap Semangat Dalam Belajar
Blogger
Disqus

No comments