Ayo Belajar

Selamat Datang Di Website Belajar Matematika Merupakan Kumpulan Materi Matematika SD, Materi Matematika SMP, Materi Matematika SMA/SMK, Contoh Soal dan Pembahasan

Belajar Rumus Logika Matemika Dasar

Selamat datang Teman Teman Di Tempat Belajar Matematika Oline, Disini kalian akan menemukan berbagai solusi dari pelajaran matematika yang kalian butuhkan, Didalam sini merupakan referensi belajar anda bukan berarti sebagai patokan belajar. Materi yang Tersedia disini Diantaranya Materi Matematika Sd, SMP, SMA, SMK, Contoh Soal dan Pembahasan, Matematika Dasar, Matematika SMP,matematika aljabar,Matematika Akutansi, Matematika Ekonomi,matematika anak usia dini, Matematika Diskrit, Dan pada kesempatan kali ini Materi matematika yang kami bagikan kali ini yaitu Belajar Rumus Logika Matemika Dasar, Tetap semangat belajar matematika Karena Matematika itu Mudah Berikut Belajar Rumus Logika Matemika Dasar Selengkapnya.

lihat juga


Belajar Rumus Logika Matemika Dasar

Kali ini Rumus Matemtika akan membahas dan mempelajari tentang Rumus Logika Matematika Dasar yang sering digunakan untuk tingkat SMA sederajat bahkan suka digunakan oleh UAN SNMPTN SPMB SIMAK UI. 

1. Persyaratan atau Kalimat
Pernyataan adalah kalimat yang mempunyai nilai benar atau salah, tetapi tidak sekaligus benar dan salah. 
Ada dua jenis pernyataan matematika, yaitu:
Kalimat Tertutup, merupakan pernyataan yang nilai kebenarannya sudah pasti.
Contoh:
a) 5 x 4  = 20 [Pernyataan tertutup yang benar]
b) 5 + 4 = 20 [Pernyataan tertutup yang salah]

Kalimat terbuka, merupakan pernyataan yang kebenarannya belum pasti. 
Contoh:
a : Ada daun yang berwarna hijau
b : Gula putih rasanya manis
2. Ingkaran Pernyataan atau negasi
Ingkaran atau negasi suatu pernyataan adalah pernyataan yang menyangkal pernyataan yang diberikan. Ingkaran suatu pernyataan dapat dibentuk dengan menambah "Tidak benar bahwa ... " di depan pernyataan yang diingkar. Ingkaran pernyataan adalah ~p.
Contoh:
Misalkan pernyataan p : Tembakau yang mengandung nikotin.
Ingkaran penyataan p adalah ~ p. Tidak benar bahwa tembakau mengandung nikotin.

Tabel kebenaran dari ingkaran



3. Pernyataan Majemuk
a. Konjungsi
Pernyataan p dengan q digabung dengan kata hubung logika "dan" sehingga membentuk pernyataan majemuk "p dan q" yang disebut konjungsi. Konjungsi "p dan q" dilambangkan dengan " p ^ q".



b. Disjungsi 
Pernyataan p dengan q dapat digabung dengan kata hubung logika "atau" sehingga membentuk pernyataan majemuk "p atau q" yang disebut disjungsi. Disjungsi p atau q dilambangkan dnegan " p v q".




c. Implikasi
Implikasi "jika p maka q" dilambangkan "p => q".



d. Biimplikasi
Biimplikasi "p jika dan hanya jika q" dilambangkan " p <=> q ".




4. Ekuivalensi Pernyataan - Pernyataan Majemuk





5. Konvers, Invers, dan Kontraposisi
Dari sebuah implikasi dapat diturunkan pernyataan yang disebut konvers, invers dan kontraposisi dari implikasi tersebut.





6. Pernyataan berkuantor dan ingkarannya.


Belajar Rumus Logika Matemika Dasar
Demikianlah Pembahasan Kita Kali ini Mengenai Belajar Rumus Logika Matemika Dasar,Semoga kalian bisa memahami penjelasan materi di atas dengan mudah sehingga kalian tidak akan mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal - soal yang berkaitan dengan materi ini. Selamat belajar!.

artikel ini url permalinknya adalah http://www.belajarmatematika.info/2012/10/belajar-rumus-logika-matemika-dasar.html Beri tahu teman teman kalian tentang artikel ini agar bisa lebih bermanfaat. Terima Kasih Telah Berkunjung dan Tetap Semangat Dalam Belajar
Blogger
Disqus

No comments